Thursday, March 31, 2011

|- kelas orkestrasi 2 -|

Prinsip Dasar Orkestrasi*
(Principles of Orchestration)
karya Nikolay Rimsky-Korsakov
*dengan pembahasan difokuskan pada Bab III: Harmoni
disadur dan diterjemahkan oleh Lie Indra Perkasa

Bagian  II
catatan:
Pada harmoni-bagian lebar hanya bagian sopran dan alto yang bisa diduplikasi satu oktaf ke atas. Duplikasi bagian tenor harus dihindari, yang mana akan menghasilkan harmoni-bagian sempit, dan duplikasi bagian bass akan memberikan efek ‘berat’. Bagian bass ini tidak boleh dicampur dengan bagian lainnya:
t i d a k  b a g u s

Dengan memperhitungkan jarak antara bagian bass dan 3-bagian lainnya, hanya sebagian duplikasi yang memungkinkan.

b a g u s


catatan:
Nada unison hasil dari dari duplikasi yang benar tidak perlu untuk dihindari, walaupun dalam beberapa kasus tertentu nada tersebut tidak sepenuhnya seragam, telinga kita akan menalarkan dan terpuaskan oleh progresi yang benar dari harmoni-bagian tersebut.


*Jarak-nada (baca: ‘interval’) oktaf yang berurutan di bagian atas tidak diperbolehkan:

t i d a k  b a g u s

Jarak-nada 5th  hasil dari duplikasi 3-bagian atas dengan pergerakan akord 6th (jarak-nada terluar setiap akordnya adalah 6th) tidak terlalu penting/masih bisa ditoleransi:

b a g u s



Nada bass hasil inversi dari akord dominan tidak boleh diduplikasi di bagian atas:


b a g u s
t i d a k  b a g u s



Hal ini juga berlaku untuk akord 7th lainnya dan diminished 7th:


t i d a k  b a g u s
b a g u s



Aturan-aturan mengenai harmoni yang berhubungan dengan bagian Perpanjangan (baca: ‘sustained’) dan Pedal dapat diterapkan secara sama dalam penulisan untuk orkestra. Hal ini termasuk dalam nada-Pengantar , nada-Tambahan (baca: ‘passing & auxiliary notes’), dan  échappées (baca: ‘escaped note’; nada non-harmonik di dalam resolusi menuju melodi) dapat digunakan dalam bagian-bagian cepat yang terdiri dari dua atau lebih tekstur yang berbeda.

sebuah tekstur dan tekstur lainnya

sebuah tekstur dan tekstur lainnya
Ada beberapa bentuk tekstur dan esensinya yang berbentuk lebih sederhana, bisa digunakan secara bersamaan, seperti pada contoh dibawah ini:

sebuah tekstur, tekstur lainnya, dan tekstur ketiga




Nada Pedal di bagian atas dan bagian tengah jauh lebih efektif digunakan pada medium orkestra dibandingkan pada musik untuk solo piano atau musik kamar (baca:’chamber music’), dikarenakan medium orkestra mempunyai variasi warnanada yang lebih luas.




(bersambung ke Bagian III)