Sunday, June 5, 2011

Sayembara Komposisi. ayo tulismusik mu.

Memasuki bulan Juni, menyambut musim panas untuk sebagian negara di dunia. Khusus di Indonesia, kita memasuki era liburan sekolah akhir semester. Sudahkah teman-teman mencoba menuliskan musik kalian?
Jika belum, maka belum terlambat untuk memulai. Jika sudah, maka silahkan dilanjutkan, dibuat sebaik mungkin. Karena dalam dua bulan ke depan ada dua sayembara komposisi yang teman-teman bisa ikuti.
Kompetisi Komposisi se-Asia Tenggara yang diadakan oleh Goethe Institute Jakarta dan Sayembara Komposisi yang diadakan oleh Komunitas Salihara. 
Untuk keterangan lebih lanjut silahkan dilihat keterangan di bawah ini.



Komponis Muda di Asia Tenggara
Kompetisi Komposisi & Festival 2011
batas waktu: 30 Juni 2011
lokakarya & festival: 30 September – 10 Oktober 2011

Untuk kedua kalinya, Goethe-Institut di Asia Tenggara mengundang para komponis muda dari berbagai daerah untuk mempersembahkan komposisi mereka. Kompetisi komposisi untuk komponis dari Asia Tengara edisi 2011 akan diselenggarakan dalam kerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung dan Komunitas Salihara di Jakarta.

Sebagai penghormatan khusus kepada negara tuan rumah, Indonesia, kompetisi kali ini dirancang untuk komposisi untuk alat-alat musik Barat, bersama dengan alat-alat musik Gamelan Salendro/Pelog Sunda dengan preferensi gabungan keduanya.

Para Juri Internasional akan memilih sepuluh karya terbaik yang akan dilatih dan didiskusikan pada sebuah lokakarya di Bandung, Indonesia pada musim gugur 2011.

Goethe-Institut dengan bangga mengumumkan keikutsertaan sebuah grup asal Berlin untuk musik kontemporer yaitu Ensemble Mosaik selama lokakarya dan festival. Untuk alat musik Sunda, Kyai Fatahillah dari Bandung akan turut berpartisipasi.

Setelah lokakarya, para Juri Internasional akan membuat keputusan final dan hadiah berupa uang tunai akan dianugerahkan pada tiga pemenang.



// Penggubahan//
Alat-alat musik Barat:
Flute (juga piccolo, alto dan bassflute), Oboe (juga englishhorn), Clarinet pada Bb (juga bassclarinet pada Bb), Altosaxophone, Percussion (lihat spesifikasi), Piano, Violin, Viola, Violoncello dan Doublebass.

Alat-alat musik Sunda (skala 5-tone Salendro dan 7-tone Pelog):
Saron Peking, Saron Barung, Saron Demung, Selentem, Gender Barung, Gender Panerus, Kendang and Suling (suling Sunda)

// Peraturan Dasar //
Para komponis dari Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam dapat berpartisipasi.

Para komponis yang lahir di negara-negara tersebut dan kini belajar atau bekerja di luar negeri dapat mengikuti kompetisi.
Semua peserta harus lahir setelah tanggal 1 April 1976.

Tiap karya hanya dapat memasukkan alat-alat musik dari Barat saja, alat-alat musik Sunda saja atau gabungan keduanya sesuai dengan daftar di atas. Segala bentuk gabungan dari alat-alat musik yang disebutkan di atas diperbolehkan, namun sangatlah disarankan untuk tidak menggunakan semua alat musik yang disebutkan untuk alasan kemudahan.

Hasil karya tidak boleh berdurasi lebih dari 5 menit.

Partitur dapat berupa tulisan tangan atau komputer dan harus memiliki keterangan jelas untuk semuanya. Partitur yang tidak dapat dibaca dengan jelas akan didiskualifikasi secara otomatis.

Tiap peserta hanya boleh mengirimkan satu karya.

Tiap peserta mengirimkan 6 copy partiturnya dengan tanda tanpa nama (tanpa nama dan judul). Dalam sebuah amplop tertutup dengan tanda yang sama, peserta menyertakan alamat lengkapnya, salinan paspor (atau bukti serupa akan umur dan kebangsaan), alamat email, nomor telpon dan pernyataan tertulis tentang keaslian partitur yang ia kirimkan.

Semua karya harus dialamatkan ke:
Goethe-Institut Jakarta
z.Hd. Katrin Sohns
Jl. Sam Ratulangi 9-15
Jakarta 10036
P.O. Box 3640
Indonesia

Tenggat waktu pengumpulan semua karya adalah tanggal 30 juni , 2011 (cap pos atau bukti serupa).

Para Juri Festival Komponis akan diumumkan pada situs Goethe-Institut Jakarta.

Juri akan memilih sepuluh karya yang akan dilatih dan didiskusikan pada beberapa lokakarya pada musim gugur 2011. Setelah lokakarya, para Juri akan membuat keputusan akhir.

Hadiah Pertama: 3000.- Euro
Hadiah Kedua: 2000.- Euro
Hadiah Ketiga: 1000.- Euro
Keputusan para juri tidak dapat diganggu


Sayembara Komposisi Baru Berdasarkan Budaya Musik Nusantara
batas waktu: 30 Juli 2011

SYARAT-SYARAT
  1. Komposisi dibuat berdasarkan atau dipengaruhi unsur-unsur musik (musik) tradisional Nusantara.
  2. Boleh berupa komposisi untuk ansambel campuran maupun instrumen/vokal tunggal, dan berdurasi 7-15 menit.
  3. Instrumen yang boleh digunakan adalah sebagai berikut:
a.      Flute/piccolo/alto flute
b.      Oboe/english horn
c.      Klarinet/klarinet bass
d.      Bassoon
e.      Trompet
f.       Horn
g.      Trombone
h.      Biolin
i.       Biola
j.       Cello
k.      Kontrabass
l.       Piano
m.     Perkusi (maksimal dua musisi)
n.      Harpa

4. Ditulis dalam skor lengkap (not balok).
5. Belum pernah diterbitkan, diedarkan, atau dipentaskan di muka umum.
6. Naskah diterima panitia paling lambat pada 31 Juli 2011.
7. Peserta Sayembara boleh mengirim lebih dari satu karya komposisi.
8. Sayembara ini hanya terbuka bagi warganegara Indonesia yang berumur tidak lebih dari 40 tahun pada 31 Desember 2011. (Peserta harus menyertakan fotokopi KTP atau tanda identitas lain.)
9. Nama dan biodata peserta ditulis pada lembar terpisah dari naskah. Peserta diminta mencantumkan nomor telepon dan alamat email.
10. Naskah komposisi dikirim rangkap 4 (empat) dalam amplop yang ditulisi (di pojok kiri atas) “SAYEMBARA KOMPOSISI MUSIK BARU” ke: 
Komunitas Salihara Jl. Salihara 16, Pasar Minggu, Jakarta 12520

PEMENANG DAN HADIAH
1. Karya-karya peserta akan dinilai oleh dewan juri yang beranggotakan tiga orang (komposer, konduktor, dan musikolog).
2. Dewan juri akan menetapkan Pemenang I, II dan III pada awal Oktober 2011. Pada kesempatan ini Dewan Juri juga akan menyiarkan argumen penilaian.
3. Para Pemenang I, II, dan III berhak atas hadiah uang sebesar (berturut-turut) Rp 20 juta, Rp 15 juta, dan Rp 10 juta. Pajak hadiah ditanggung oleh pemenang.
4. Komunitas Salihara berhak mengadakan pementasan perdana dari karya-karya pemenang.

LAIN-LAIN
1. Sayembara ini tertutup bagi para karyawan Komunitas Salihara, anggota dewan juri, dan keluarga inti mereka.
2. Pertanyaan mengenai Sayembara ini bisa dialamatkan ke sayembara@salihara.org